Pembangunan adalah mengadakan atau membuat atau mengatur sesuatu yang belum ada. Pengembangan adalah memajukan atau memperbaiki atau meningkatkan sesuatu yang telah ada.

Pembangunan dan pengembangan dilakukan untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan dan pengembangan itu dapat merupakan pembangunan fisik atau pengembangan fisik dan dapat merupakan pembangunan sosial ekonomi atau pengembangan sosial ekonomi.

Baik pembangunan dan pengembangan memerlukan perencanaan dan pengawasan.

Karena memerlukan kupasan data, proses perencanaan itu harus didahului dengan pengumpulan data lewat penelaahan dan survei. Untuk itu, Perencanaan mendapat bantuan / input dari berbagai ilmu.

Salah satu disiplin ilmu yang membantu / menginput data dalam perencanaan pembangunan dan pengembangan suatu wilayah adalah Geologi.

Sumbangsih data Geologi untuk pembangunan dan pengembangan daerah sebagian besar dituangkan dalam bentuk peta-peta tematik tertentu. Adapun macam peta tersebut adalah antara lain: Peta Geologi, Peta Zona Kerentanan Tanah, Peta Geomorfologi, Peta Geologi Lingkungan, Peta Kestabilan Lereng, Peta Penyebaran Potensi Sumber Daya Alam, dan sebagainya.

Data – data selain peta –peta tematik tertentu adalah antara lain: informasi keteknikan suatu batuan, tanah, atau lahan; informasi mengenai cara penanggulangan dan pencegahan terhadap potensi terjadinya bahaya bencana kebumian, informasi mengenai optimalisasi suatu bahan galian, dan sebagainya.

Melalui Geologi, masyarakat dan Pemerintah setempat diharapkan dapat mengetahui wilayah mana saja  yang dapat dibangun dan dikembangkan, serta dihindari;  mengetahui jenis – jenis sumberdaya alam yang berpotensi untuk dikembangkan, dan sebagainya.

Intinya adalah mereka lebih mengenal dan memahami daerah tempat mereka tinggal.

Tentu saja agar mereka lebih mengenal dan memahami daerah tempat mereka tinggal diperlukan peran serta para Ahli Geologi / Peneliti Geologi yang memberikan penjelasan secara komprehensif.

 

Daftar Pustaka

Jayadinata, T, Johara. 1999. Tata Guna Tanah Dalam Perencanaan Pedesaan Perkotaan & Wilayah. Penerbit ITB. Bandung

image_pdfimage_print
GEOLOGI DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
YouTube